RPP KELAS 7 GANJIL. PERUBAHAN WUJUD ZAT. MEMASAK AGAR-AGAR DENGAN GELAS PLASTIK
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN IPA
Satuan Pendidikan :
SMP Negeri 23 Surabaya
Mata
Pembelajaran : IPA
Kelas
/ Semester :
Kelas VII/
1
Sub Materi Pokok : Perubahan Wujud Zat
Pertemuan : 1 Pertemuan
Alokasi
Waktu : 2 x 40
menit
A. KOMPETENSI INTI
- Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
- Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
- Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
- Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
KI
|
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR
|
1.1
|
Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek
fisik dan kimiawi, kehidupan dalam ekosistem, dan peranan manusia dalam
lingkungan serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya
|
Mengagumi berbagai
sifat perubahan zat sebagai anugrah Tuhan yang ada di lingkungan sekitar
|
2.3
2.4
|
Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur;
teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif;
inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud
implementasi sikap dalam melakukan pengamatan, percobaan, dan berdiskusi
Menunjukkan penghargaan kepada orang lain dalam
aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi perilaku menjaga kebersihan
dan kelestarian lingkungan.
|
1.1.1 Melakukan pengamatan /percobaan
secara
jujur.
1.1.2 Melaporkan hasil pengamatan/ percobaan
secara teliti.
|
3.5
|
Memahami karakteristik
zat, serta perubahan wujud
zat yang dapat
dimanfaatkan untuk kehidupan
sehari-hari
|
1.1.1
Menjelaskan keterampilan proses.
1.1.2
Mengidentifikasi perubahan-perubahan wujud zat di sekitar kita
1.1.3
Menyebutkan 3 contoh perubahan wujud zat dalam kehidupan sehari-hari
|
4.1
|
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah
konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi,dan membuat) dan ranah
abstrak
|
1.1.1
Melakukan praktek kegiatan perubahan wujud
zat yang sering terjadi dalam kehidupan sehari-hari.
1.1.2
Melakukan praktikum dengan peralatan
sederhana yang memanfaatkan barang bekas yang ada di lingkungan sekitar
1.1.3
Menyajikan hasil pengamatan/ menginferensi,
dan mengkomunikasikan hasilnya.
1.1.4
Menerapkan pengamatan
untuk memecahkan
masalah yang relevan.
|
C. Tujuan Pembelajaran
Kompetensi
Pengetahuan dan Keterampilan
Ø Peserta
didik dapat mengidentifikasi
perubahan-perubahan materi di sekitar
kita
Ø Peserta
didik dapat Menjelaskan
pengertian perubahan wujud zat dalam
kehidupan sehari hari
Ø Melalui kerja kelompok,
dengan menggunakan dan memanfaatkan peralatan sederhana/barang bekas di lingkungan
sekitar untuk melakukan praktikum perubahan wujud
zat.
Ø Melalui kegiatan
presentasi, peserta didik dapat mengkomunikasikan hasil praktikum
tentang perubahan wujud zat yang ada di sekitar kita.
D. Materi Pembelajaran
Perubahan Wujud Zat
Perubahan
wujud zat terdiri dari mencair, membeku, menguap, mengembun, dan
menyublim.
- Mencair, mencair merupakan perubahan wujud zat dari padat menjadi cair. Peristiwa mencair terjadi karena adanya peubahan suhu (dingin-->panas). Contoh peristiwa mencair antara lain : (1) mentega yang dipanaskan, (2) es yang dibiarkan terkena udara, (3) gula yang dipanaskan.
- Membeku, membeku merupakan peristiwa perubahan wujud benda dari cair menjadi padat. Contoh peristiwa membeku antara lain : (1) air yang dimasukkan ke dalam kulkas, (2) proses pembuatan gula kelapa, (3) proses pembuatan agar-agar.
- Menguap, menguap adalah proses perubahan wujud benda dari cair menjadi gas. Contoh peristiwa menguap antara lain : (1) bensin yang dibiarkan di udara terbuka, (2) minyak kayu putih dalam botol yang terbuka, (3) proses menjemur baju.
- Mengembun, mengembun adalah proses perubahan wujud zat dari gas menjadi cair. Contoh peristiwa mengembun antara lain : titik-titik embun di pagi hari, dan butiran air di bagian luar gelas yang berisi es.
- Menyublim, menyublim adalah peristiwa perubahan zat padat menjadi gas atau sebaliknya (gas menjadi padat). Contoh peristiwa menyublim antara lain kamper yang dibiarkan di udara. Kamper berubah dari padat menjadi gas yang dapat kita rasakan dengan adanya bau kamper. Proses pembuatan es kering juga merupakan contoh peristiwa menyublim.
E.
Metode/Pendekatan Pembelajaran
1. Pendekatan Saintifik.
2.
Pembelajaran Berbasis Projek.
F.
Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.
Media (LCD Film tentang perubahan wujud zat)
2.
Alat/bahan
Alat/
bahan
Nama Alat/ bahan
|
Spesifikasi
|
Jumlah
|
gelas mineral
|
Plastic
|
2
|
Lilin
|
1
|
|
Tusuk sate
|
Kayu
|
1
|
Botol minuman mineral
|
Plastic
|
2
|
Plastisin
|
Sesuai kebutuhan
|
|
Korek
|
1
|
|
Tutup gelas
|
Plastic
|
1
|
Serbuk agar-agar
|
1
|
3.
Sumber Belajar
Ø Buku
siswa kurikulum 2013
Ø Buku yang
relevan tentang materi perubahan wujud zat
G.
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
No.
|
Tahap Pembelajaran
|
Kegiatan guru
|
Kegiatan siswa
|
Pembelajaran scientific
|
Waktu
|
Pendahuluan (5 menit)
|
|||||
Pendahuluan
|
Menyampaikan salam pembuka
|
Menjawab salam (spiritual)
|
Mengamati dan menanya
|
5 menit
|
|
Menanyakan kehadiran siswa
|
|||||
Menggali siswa tentang materi sebelumnya tentang wujud
zat
|
Siswa menjawab tentang berbagai wujud zat yang ada di alam.
|
||||
Kegiatan Inti (60 menit )
|
|||||
Fase 1; orientasi siswa pada masalah
|
Memotivasi siswa dengan menyemprotkan parfum di kelas Siswa diminta mengamati dan membuat
penafsiran apa yang terjadi
selanjutnya jika perfum ini disemprotkan?, dan mengapa hal ini bisa terjadi?
|
Siswa
menafsirakan hal yang akan
terjadi selanjutnya dan menjawab pertanyaan
|
Mengamati dan menanya
|
60 menit
|
|
·
Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran
·
Guru menyampaikan materi
(permasalahan) dengan media video
|
Siswa mendengarkan informasi
guru tentang tujuan pembelajaran
|
||||
Fase 2: mengorgani sasikan siswa
|
·
Peserta didik membentuk kelompok, dengan jumlah anggota 4 – 5 anak.
·
Guru
membagikan LKS pada kelompok yang telah terbentuk
·
Guru
menjelaskan langkah langkah untuk
mengerjakan LKS
·
Guru
mengorganisasikan siswa untuk menyelesaikan masalah pada LKS
|
Siswa menerima LKS dari guru
|
Mengamati dan menanya serta menggali informasi
|
||
Fase 3: membimbing penyelidikan individu dan kelompok
|
Mengamati:
1) Peserta didik mengamati
video tentang perubahan perubahan
wujud zat
Menanya:
2) kegiatan memanaskan zat cair merupakan salah satu perubahan
wujud zat, peserta didik diharapkan timbul pertanyaan : “mengapa terjadi
perubahan pada zat tersebut dan apa penyebabnya?”
Mencoba/Mengumpulkan
Data atau Informasi:
3) Peserta didik diminta
membaca buku K-13 dan buku yang relevan tentang perubahan wujud zat.
4) Peserta didik melakukan
kegiatan praktikum “ memasak agar-agar dengan menggunakan botol plastic”
Mengasosiasi/Menganalisis
data atau informasi:
5) Peserta didik melakukan
diskusi hasil kegiatan praktikum “ memasak agar-agar dengan menggunakan botol
plastic”
6)
Peserta didik melakukan diskusi diskusi kelompok untuk menyimpulkan
tentang perubahan wujud zat yang terjadi pada kegiatan praktikum “ memasak agar-agar dengan menggunakan
botol plastic”
7) Sambil berkeliling guru
memberikan bantuan seperlunya kepada setiap kelompok yang mengalami kesulitan
dalam menyelesaikan masalah.
|
Mengamati video dan menjawab pertanyaan dari tayangan video tersebut
Membaca buku dan menggaris bawah point penting
Diskusi kelompok
|
Menanya dan mengamati
Mengumpulkan informasi
Menalar/ mengasosiasi
|
||
Fase 4:
Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
|
Mengkomunikasikan:
1) Peserta didik menyusun
laporan dan mempresentasikan hasil kegiatan praktikum “ memasak agar-agar dengan menggunakan botol plastic”
2) Siswa atau kelompok lain
menanggapi hasil presentasi praktikum.
|
kelompok yang lain menanggapi hasil presentasi
|
Mengkomunikasikan
|
||
Fase 5:
Menganalisa dan mengevaluasi proses pemecahan masalah
|
·
Guru
memvasilitasi kelompok untuk
menganalisa masalah yang berkaitan dengan perubahan wujud zat
|
Siswa menganalisa masalah yang berkaitan dengan perubahan wujud zat
|
Mengasosiasikan dan mengkomunikasikan
|
||
Penutup
(15 menit)
|
|||||
1.Peserta didik bersama guru
menyimpulkan hasil pembelajaran pada pertemuan
2.Guru memberikan evaluasi
test untuk mengetahui daya serap siswa pada materi ini.
3. Guru memberikan penghargaan
(misalnya pujian atau bentuk penghargaan lain yang relevan) kepada siswa/kelompok
yang berkinerja baik.
4. Guru menyampaikan informasi
materi pada pertemuan berikutnya, yaitu: tentang molekul zat (unsur, senyawa
dan campuran)
|
·
Menyimpulkan
kegiatan pembelajaran
·
Mengumpulkan
hasil test evaluasi
·
Member
ikan apresiasi pada temannya yang maju menerima penghargaan
·
Mendengarkan
informasi guru
|
15 menit
|
H. Penilaian
1.
Sikap Spiritual
a. Teknik Penilaian : Observasi
b. Bentuk Instrumen : Lembar
observasi
c. Kisi-kisi:
No.
|
Butir Nilai
(Sikap Spiritual)
|
Indikator
|
Jumlah Butir
|
1
|
Mengagumi keteraturan
dan kompleksitas ciptaan
Tuhan tentang aspek fisik
serta mewujudkannya
dalam pengamalan ajaran
agama yang dianutnya.
|
Mengagumi berbagai
sifat fisika sebagai anugrah Tuhan
yang ada di lingkungan sekitar dan terjadi dalam kehidupan sehari-hari
|
1
|
Instrumen: lihat Lampiran 1A dan
1B
2. Sikap Sosial
a.
Teknik Penilaian : Observasi
b.
Bentuk Instrumen : Lembar Observadsi
c.
Kisi-kisi:
No.
|
Butir Nilai
(Sikap Sosial)
|
Indikator
|
Jumlah Butir
|
1
|
Kejujuran
|
1. Melakukan pengamatan
terhadap
variabel/objek yang relevan.
2. Melakukan pengamatan dengan
indera yang sesuai.
3. Mencatat hasil pengamatan
sesuai
kenyataan.
4. Melaporkan/mengkomunikasikan
hasil pengamatan/percobaan sesuai data yang diperoleh
|
|
2
|
Ketelitian
|
1. Melakukan pengamatan secara
runtut.
2. Melakukan pengamatan secara detil.
3. Mencatat semua
data/informasi yang diperoleh.
4. Melaporkan/ mengkomunikasikan
hasil pengamatan/percobaan
secara terperinci.
|
Instrumen: lihat Lampiran 2A dan
2B
3. Pengetahuan
a.
Teknik Penilaian : Tes Tulis
b.
Bentuk Instrumen : Uraian
c.
Kisi-kisi :
No.
|
Butir Nilai
(Pengetahuan)
|
Indikator
|
Jumlah Butir
|
1
|
|||
2
|
|||
3
|
|||
4
|
|||
5
|
|||
6
|
Instrumen: lihat Lampiran 3A dan
3B
4. Keterampilan
a.
Teknik Penilaian : Tes Praktik
b.
Bentuk Instrumen : Lembar Observasi
c.
Kisi-kisi :
No.
|
Butir Nilai
|
Indikator
|
1
|
Menyiapkan alat
dan bahan
|
1. Menyiapkan semua alat dan bahan yang diperlukan sesuai spesikifasi .
2. Menyiapkan semua alat dan bahan yang diperlukan tetapi
sebagian tidak sesuai spesikifasi .
3. Menyiapkan alat dan bahan yang diperlukan
tetapi
tidak lengkap
4. Tidak menyiapkan alat dan bahan yang
diperlukan.
|
2
|
Melakukan
pengamatan
|
1. Langkah pengamatan dilakukan dengan metode
yang benar dan teliti .
2. Langkah pengamatan dilakukan dengan metode yang benar dan tetapi kurang teliti
3. Langkah pengamatan dilakukan dengan metode
yang kurang benar.
4. Langkah pengamatan dilakukan dengan metode
yang tidak benar .
|
Instrumen: lihat Lampiran 4A, 4B
dan 4C.
LAMPIRAN 1A
INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP SPIRITUAL
(LEMBAR OBSERVASI)
A. Petunjuk Umum
1. Instrumen penilaian sikap
spiritual ini berupa Lembar Observasi.
2. Instrumen ini diisi oleh guru
yang mengajar peserta didik yang dinilai.
B. Petunjuk Pengisian
Berdasarkan pengamatan Anda selama dua minggu terakhir, nilailah sikap
setiap peserta didik Anda dengan memberi skor 4, 3, 2, atau 1 pada Lembar
Observasi dengan ketentuan sebagai berikut:
4 = apabila SELALU melakukan perilaku yang diamati
3 = apabila SERING melakukan perilaku yang diamati
2 =apabila KADANG-KADANG melakukan perilaku yang diamati
1= apabila TIDAK PERNAH melakukan perilaku yang diamati
C. Lembar Observasi
LEMBAR OBSERVASI
Kelas : …
Semester : …
Tahun Pelajaran : ...
Periode Pengamatan : Tanggal … s.d. ...
Butir Nilai
:
Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan
Tuhan tentang aspek
fisik
dan kimiawi, kehidupan dalam ekosistem, dan peranan manusia dalam
lingkungan
serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang
dianutnya.
Indikator Sikap : CONTOH
1. Mengagumi berbagai sifat fisika
sebagai anugrah Tuhan yang ada di
lingkungan sekitar dan terjadi dalam kehidupan sehari-hari
Mengetahui
Kepala Sekolah SMP N
23 Surabaya Surabaya, Juli 2017
Dra Laily Fadila, M.M Ninik
Setyo Rahayu, S.Pd
Pembina Tingkat I/IV B NIP.
1979050 1200801 2 021
NIP. 19620313 198703 2 010
C.
Lembar
Observasi
LEMBAR OBSERVASI
Kelas :
…
Semester :
…
Tahun Pelajaran :
...
Periode
Pengamatan : Tanggal …...
Butir Nilai :
No.
|
Nama Peserta Didik
|
Skor Indikator Sikap
Spiritual (1 – 4)
|
Jumlah
Perolehan
Skor
|
Skor Akhir
|
Tuntas/
Tidak
Tu n t a s
|
|
Indikator 1
|
Indikator 2
|
|||||
1
|
||||||
2
|
||||||
3
|
||||||
4
|
||||||
5
|
||||||
6
|
||||||
7
|
||||||
8
|
||||||
9
|
||||||
10
|
||||||
11
|
||||||
12
|
||||||
13
|
||||||
14
|
||||||
15
|
||||||
16
|
||||||
17
|
||||||
18
|
||||||
19
|
||||||
20
|
||||||
21
|
||||||
22
|
||||||
23
|
||||||
24
|
||||||
25
|
||||||
26
|
||||||
27
|
||||||
28
|
||||||
29
|
||||||
30
|
||||||
31
|
||||||
32
|
||||||
33
|
||||||
34
|
||||||
35
|
Guru IPA
Ninik Setyo Rahayu, S.Pd
LAMPIRAN
1B
PETUNJUK PENGHITUNGAN SKOR
SIKAP
1. Rumus Penghitungan Skor Akhir
Jumlah
Perolehan Skor
Skor Akhir = --------------------------------- x 4
Skor Maksimal
Skor Maksimal = Banyaknya Indikator x 4
2.
Kategori nilai sikap peserta didik didasarkan pada Permendikbud No 81A
Tahun 2013 yaitu:
Sangat Baik (SB) : apabila memperoleh Skor Akhir: 3,33 <
Skor Akhir ≤ 4,00
Baik (B) : apabila memperoleh Skor
Akhir: 2,33 < Skor Akhir ≤ 3,33
Cukup (C) : apabila memperoleh Skor Akhir:
1,33 < Skor Akhir ≤ 2,33
Kurang (K) : apabila memperoleh Skor Akhir:
Skor Akhir ≤ 1,33
LAMPIRAN 2A
INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP SOSIAL
(LEMBAR OBSERVASI)
A. Petunjuk Umum
1.
Instrumen
penilaian sikap sosial ini berupa Lembar
Observasi.
2.
Instrumen
ini diisi oleh guru yang mengajar peserta didik yang dinilai.
B. Petunjuk Pengisian
Berdasarkan pengamatan Anda selama dua minggu terakhir, nilailah sikap
setiap peserta didik Anda dengan memberi skor 4, 3, 2, atau 1 pada Lembar
Observasi dengan ketentuan sebagai berikut:
4 = apabila MEMENUHI 4 indikator
3 = apabila MEMENUHI 3 indikator
2 = apabila MEMENUHI 2 indikator
1 = apabila MEMENUHI 1 indikator
Sikap
|
Indikator
|
Kejujuran
|
1.
Melakukan pengamatan terhadap variabel/objek
yang relevan.
2.
Melakukan pengamatan dengan indera yang
sesuai.
3.
Mencatat hasil pengamatan sesuai kenyataan.
4.
Melaporkan/mengkomunikasikan hasil
pengamatan/percobaan sesuai data yang diperoleh.
|
Ketelitian
|
1.
Melakukan pengamatan secara runtut.
2.
Melakukan pengamatan secara detil.
3.
Mencatat semua data/informasi yang
diperoleh.
4.
Melaporkan/mengkomunikasikan hasil pengamatan/percobaan
secara terperinci.
|
D.
Lembar
Observasi
LEMBAR OBSERVASI
Kelas :
…
Semester :
…
Tahun Pelajaran :
...
Periode
Pengamatan : Tanggal …...
Butir Nilai : kejujuran dan ketelitian
No.
|
Nama Peserta Didik
|
Skor indikator sikap
Spiritual (1 – 4)
|
Jumlah
Perolehan
Skor
|
Skor Akhir
|
Tuntas/
Tidak
Tuntas
|
|
Kejujuran
|
Ketelitian
|
|||||
Guru IPA
Ninik Setyo Rahayu, S.Pd
LAMPIRAN
2 B
PETUNJUK PENGHITUNGAN SKOR
SIKAP SOSIAL
1. Rumus Penghitungan Skor Akhir
Jumlah Perolehan Skor
Skor Akhir =
--------------------------------- x 4
Skor Maksimal
Skor Maksimal = Banyaknya Indikator x 4
2.
Kategori nilai sikap peserta didik didasarkan pada Permendikbud No 81A
Tahun 2013 yaitu:
Sangat Baik (SB) : apabila memperoleh Skor Akhir: 3,33 <
Skor Akhir ≤ 4,00
Baik (B) : apabila memperoleh Skor
Akhir: 2,33 < Skor Akhir ≤ 3,33
Cukup (C) : apabila memperoleh Skor Akhir:
1,33 < Skor Akhir ≤ 2,33
Kurang (K) : apabila memperoleh Skor Akhir:
Skor Akhir ≤ 1,33
Lampiran 3A
Penilaian Pengetahuan (Tes Tulis)
Instrumen Tes Tulis : Digunakan untuk menilai
pengetahuan peserta didik pada materi pokok perubahan fisika suatu zat.
NAMA SISWA
|
KELAS/
NO ABSEN
|
Bacalah soal berikut dengan teliti dan
jawablah dengan memberi tanda silang (X) pada huruf A, B, C atau D !
1.
Mentega
akan mencair ketika dipanaskan. Peristiwa tersebut termasuk perubahan ….
A. Fisika
B. Alami
C. Kimia
D. Bentuk
2.
Kegiatan di bawah ini yang
memanfaatkan proses perubahan wujud benda cair menjadi padat yaitu peristiwa...
A.pemanasan air
B. peleburan logam
C.
pembuatan es krim
D.
pembuatan es kering dari korbondioksida
3.
Contoh peristiwa yang menunjukkan
proses penyubliman yaitu...
A.
gelas retak ketika diisi air panas
B.
baju di jemuran kering ketika cuaca panas
C.
balon pecah ketika terpapar panas matahari
D.
kampir habis karena berada di tempat terbuka.
4.
Contoh perubahan wujud benda yang berupa
mengembun yaitu pada peristiwa...
A. es di dalam gelas
B. mentega dipanaskan
C. kamper dibiarkan dalam lemari
D. terbentuknya butiran air pada tutup gelas
5.
Proses menyebarnya bau harum dari
minyak wangi yang diletakan di kamar merupakan contoh pemanfaatan
perubahan wujud benda dari...
A.
padat menjadi cair
B.
padat menjadi gas
C.
cair menjadi gas
6.
Contoh pemanfaatan perubahan wujud
benda dari padat menjadi cair terdapat pada...
A.
mentega dipanaskan di penggorengan
B.
air dimasukkan ke dalam freezer
C.
kamper diletakkan di dalam lemari
D.
air dipanaskan terus menerus
7.
Lahar panas yang mengalir dari letusan gunung
berapi akan menjadi batu dan pasir jika telah dingin. Peristiwa
ini merupakan contoh...
A.
peleburan
B.
pembekuan
C.
penyubliman
D.
pengembunan
8.
Peleburan perak merupakan salah
satu contoh pemanfaatan perubahan wujud benda dari....
A. cair menjadi gas
B. cair menjadi padat
C. padat menjadi cair
D. padat menjadi gas
9.
Saat hujan deras Nani berada di dalam mobil.
Meskpun kaca depan bagian luar selalu dibersihkan dari air, kaca bagian
dalam tetap basah. Peristiwa tersebut menunjukkan...
A. pencairan
B. penguapan
C. pembekuan
D. pengembunan
10. Perubahan wujud zat dari cair menjadi padat dalam kehidupan sehari-hari
terdapat pada peristiwa...
A. pembuatan genting
B. pengisian bahan bakar gas LPG
C. pembakaran kayu untuk kayu bakar
D. membekunya minyak kelapa pada saat udara dingin
Selamat mengerjakan
semoga sukses….
Lampiran 3B
Kunci Jawaban Tes
Pengetahuan
1.
Mentega
akan mencair ketika dipanaskan. Peristiwa tersebut termasuk perubahan ….
A. Fisika
B. Alami
C. Kimia
D. Bentuk
JAWABAN: D. Bentuk
2.
Kegiatan di bawah ini yang
memanfaatkan proses perubahan wujud benda cair menjadi padat yaitu peristiwa... (skor
10)
A.pemanasan air
B. peleburan logam
C.
pembuatan es krim
D.
pembuatan es kering dari korbondioksida
JAWABAN: C. pembuatan es krim
3.
Contoh peristiwa yang menunjukkan
proses penyubliman yaitu... (skor
10)
A.
gelas retak ketika diisi air panas
B.
baju di jemuran kering ketika cuaca panas
C.
balon pecah ketika terpapar panas matahari
D.
kamper habis
karena berada di tempat terbuka.
JAWABAN: D. kamper habis karena berada di
tempat terbuka.
4.
Contoh perubahan wujud benda yang berupa
mengembun yaitu pada peristiwa...
(skor
10)
A. es di dalam gelas
B. mentega dipanaskan
C. kamper dibiarkan dalam lemari
D. terbentuknya butiran air pada tutup gelas
JAWABAN: D. terbentuknya butiran air pada tutup gelas
5.
Proses menyebarnya bau harum dari
minyak wangi di botol parfum yang diletakan di kamar merupakan contoh pemanfaatan perubahan
wujud benda dari... (skor
10)
A.
padat menjadi cair
B.
padat menjadi gas
C.
cair menjadi gas
D. cair menjadi padat
JAWABAN: C. cair menjadi gas
6.
Contoh pemanfaatan perubahan wujud
benda dari padat menjadi cair terdapat pada... (skor 10)
A.
mentega dipanaskan di penggorengan
B.
air dimasukkan ke dalam freezer
C.
kamper diletakkan di dalam lemari
D.
air dipanaskan terus menerus
JAWABAN: B. air dimasukkan ke dalam freezer
7.
Lahar panas yang mengalir dari letusan gunung
berapi akan menjadi batu dan pasir jika telah dingin.
Peristiwa ini merupakan contoh... (skor
10)
A.
peleburan
B.
pembekuan
C.
penyubliman
D.
pengembunan
JAWABAN: B. Pembekuan
8.
Peleburan perak merupakan salah
satu contoh pemanfaatan perubahan wujud benda dari....
(skor 10)
A. cair menjadi gas
B. cair menjadi padat
C. padat menjadi cair
D. padat menjadi gas
JAWABAN: C. padat menjadi cair
9.
Saat hujan deras Nani berada di dalam mobil.
Meskpun kaca depan bagian luar selalu dibersihkan dari air, kaca bagian
dalam tetap basah. Peristiwa tersebut menunjukkan...
(skor 10)
A. pencairan
B. penguapan
C. pembekuan
D. pengembunan
JAWABAN: D.
Pengembunan
10. Perubahan wujud zat dari cair menjadi padat dalam kehidupan sehari-hari
terdapat pada peristiwa... (skor 10)
A. pembuatan genting
B. pengisian bahan bakar gas LPG
C. pembakaran kayu untuk kayu bakar
D. membekunya minyak kelapa pada saat udara dingin
JAWABAN: D. membekunya minyak kelapa pada saat udara dingin
LEMBAR KERJA SISWA
MEMASAK AGAR-AGAR DENGAN GELAS PLASTIK
Tujuan: Memahami perubahan wujud pada suatu zat
Alat dan Bahan:
Nama Alat/ bahan
|
Spesifikasi
|
Jumlah
|
gelas mineral
|
Plastic
|
2
|
Lilin
|
1
|
|
Tusuk sate
|
Kayu
|
1
|
Botol minuman mineral
|
Plastic
|
2
|
Plastisin
|
Sesuai kebutuhan
|
|
Korek
|
1
|
|
Tutup gelas
|
Plastic
|
1
|
Serbuk agar-agar
|
1
|
Cara Kerja:
1.
Rangkai
alat dan bahan seperti pada bahan
2.
Masukkan
es batu dan air ke dalam gelas mineral
3.
Hidupkan
lilin dan panaskan tungku gelas plastic tersebut
4.
Setelah es
mencair semua, masukkan cairan serbuk
agar-agar ke dalam air di gelas plastic tersebut.
5.
Panaskan
dan biarkan terus sampai mendidih, sambil gelas tersebut ditutup dengan tutup
gelas. (Jika gelas mulai bocor, maka matikan lilin tersebut)
6.
Masukkan
larutan agar-agar ke dalam cetakan dan biarkan sampai dingin dan larutan
agar-agar tersebut menjadi padat.
Analisis:
1.
Pada gelas
plastic dimasukkan es batu. Wujud zat es
batu adalah………………..
2.
Setelah dipanaskan, wujud zat es batu tersebut menjadi……………………..
3.
Melalui
proses pemanasan yang cukup lama, maka air tersebut akan ……….. …. yaitu perubahan wujud dari………………..
menjadi……………………
4.
Amati yang
terjadi pada tutup gelas, proses
perubahan wujud yang terjadi pada tutup gelas tersebut adalah……….. ………………..
yaitu
perubahan wujud dari……………….. menjadi……………………
5.
Setelah es
batu mencair dan dimasukkan serbuk agar-agar lalu dipanaskan lagi. Apa yang
terjadi setelah dipanaskan?............................................
6.
Setelah
waktu cukup air agar-agar didinginkan. Apa yang terjadi pada larutan agar-agar
tersebut?............................................................ yaitu
perubahan wujud dari……………….. menjadi……………………
7.
Amati pada
alas gelas yang terkena api, apa yang terjadi? ………………………… yaitu perubahan
wujud dari………………..
menjadi……………………yang disebut dengan ……………………………..
Kesimpulan:
.................................................................................................................................................
.................................................................................................................................................
Isilah diagram perubahan wujud zat berikut!
Analisis:
1. Pada gelas plastic dimasukkan es batu. Wujud zat es batu adalah …. padat
2.
Setelah dipanaskan, wujud zat es batu tersebut menjadi…..cair
3.
Melalui
proses pemanasan yang cukup lama, maka air tersebut akan ……menguap yaitu perubahan wujud dari…cair . menjadi…gas
4.
Amati yang
terjadi pada tutup gelas, proses
perubahan wujud yang terjadi pada tutup gelas tersebut adalah…mengembun….yaitu perubahan
wujud dari…gas. Menjadi
cair …
5.
Setelah es
batu mencair dan dimasukkan serbuk agar-agar lalu dipanaskan lagi. Apa yang
terjadi setelah dipanaskan?..larutan
agar agar mendidih
6.
Setelah
waktu cukup air agar-agar didinginkan. Apa yang terjadi pada larutan agar-agar
tersebut?.membeku. yaitu perubahan
wujud dari…cair menjadi…padat
7. Amati pada alas gelas yang terkena api, apa
yang terjadi? …gosong yaitu
perubahan wujud dari…gas. menjadi…padat…yang disebut dengan mengkristal/ menyublim
Kesimpulan:
Isilah diagram perubahan wujud zat berikut!
Keterangan:
1. Mencair Contoh:
es batu dipanaskan
2. menguap Contoh:
air dipanaskan
3. mengkristal Contoh:
gosong-gosong pada alas gelas
4. mengembun… Contoh:
bintik-bintik cairan pada tutup gelas
5. menyublim
contoh: kapur barus padat mengeluarkan bau harum
6. Membeku Contoh:
…larutan agar agar didinginkan
PRAKTIKUM PERUBAHAN FISIKA
MEMASAK AGAR-AGAR DENGAN MENGGUNAKAN GELAS PLASTIK
Tujuan: Memahami perubahan wujud pada suatu zat
Alat dan Bahan:
Nama Alat/ bahan
|
Spesifikasi
|
Jumlah
|
gelas mineral
|
Plastic
|
2
|
Lilin
|
1
|
|
Tusuk sate
|
Kayu
|
1
|
Botol
minuman mineral
|
Plastic
|
2
|
Plastisin
|
Sesuai kebutuhan
|
|
Korek
|
1
|
|
Tutup gelas
|
Plastic
|
1
|
Serbuk
agar-agar
|
1
|
|
Tutup gelas
|
Plastic
|
1
|
Es batu ukuran kecil
|
Sedikit saja
|
CARA
MENGGUNAKAN:
( Alat Pembelajaran Ini Digunakan
Pada Saat Pembelajaran Tentang Materi Perubahan Wujud Zat Dan Perubahan Fisika)
1.
Rangkai alat dan bahan sesuai dengan gambar
diatas
2.
Masukkan
air es batu dan serbuk agar agar
3.
Nyalakan
lilin di atas gelas plastic
4.
Tutup gelas plastic tersebut dengan penutup gelas
5.
Biarkan sampai es tersebut mencair dan menguap.
6.
Setelah mulai panas mendidih dan gelas plastic
mulai terjadi kebocoran maka matikan lilin dan tunggu apa yg terjadi pada
agar-agar yang di dalam gelas plastic
tersebut.
ANALISIS:
1. Pada gelas
plastic dimasukkan es batu. Wujud zat es
batu adalah…….
2. Setelah dipanaskan, wujud zat es batu tersebut
menjadi…………….
3. Melalui
proses pemanasan yang cukup lama, maka air tersebut akan ……… yaitu perubahan wujud
dari……………….. menjadi………
4. Amati yang
terjadi pada tutup gelas, proses
perubahan wujud yang terjadi pada tutup gelas tersebut adalah………..
……………….. yaitu perubahan
wujud dari……………….. menjadi………………
5. Setelah es
batu mencair dan dimasukkan serbuk agar-agar lalu dipanaskan lagi. Apa yang
terjadi setelah dipanaskan? ..................
6. Setelah waktu
cukup air agar-agar didinginkan. Apa yang terjadi pada larutan agar-agar tersebut?...........
yaitu perubahan wujud dari…… menjadi……
7. Amati pada
alas gelas yang terkena api, apa yang terjadi? ………………….. yaitu perubahan
wujud dari………………..
menjadi……………………yang disebut dengan ……………………
ALAT
PEMBELAJARAN INI DIGUNAKAN:
PADA
SAAT GURU HENDAK MENJELASKAN PROSES PERUBAHAN BENTUK ENERGI PADA SUATU ZAT. PADA SISWA SMP NEGERI 23 SURABAYA KELAS 7 SEMESTER GANJIL.
0 Komentar:
Posting Komentar
Berlangganan Posting Komentar [Atom]
<< Beranda