RPP SMP KIPAS ANGIN TANPA BATERAI DAN LISTRIK
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMP Negeri 23 Surabaya
Mata Pelajaran : IPA
Kelas / Semester : VII / 1
Topik :
Energi dalam sistem kehidupan
Sub Topik : Konsep
energi dan sumber energi
Alokasi Waktu : 2 x 40’
A. KOMPETENSI
INTI
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya.
2. Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam dalam
jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa
ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak
mata.
4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah
konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi,dan
membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari
di sekolah
dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
1.1.Mengagumi keteraturan dan
kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam
ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam
pengamalan ajaran agama yang dianutnya
Indikator :
1. Mengagumi mata sebagai alat indera ciptaan Tuhan
2.1 Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu , jujur, teliti, tekun dan bertanggung jawab) dalam aktifitas
sehari-hari sebagai wujud implementasi
sikap dalam melakukan percobaan dan berdiskusi
Indikator
:
1. Memiliki
rasa ingin tahu
2. Memiliki
sifat obyektif, jujur, teliti, cermat, tanggung jawab, terbuka, kritis,
kreatif, inovatif dan peduli lingkungan
2.2 Menghargai
kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud
implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan.
Indikator :
1. Memiliki
rasa menghargai pekerjaan orang lain
2.3.
Menunjukkan perilaku bijaksana dan bertanggungjawab dalam aktivitas sehari-hari
Indikator :
1. Memiliki
rasa tanggung jawab
2.4 Menunjukkan
penghargaan kepada orang lain dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud
implementasi perilaku menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan
Indikator :
1.
Memberikan penghargaan kepada orang lain
3.6
Mengenal
konsep energi,berbagai sumber energi,energi dari makanan,transformasi
energi,respirasi,sistem
pencernaan makanan, dan fotosintesis
Indikator :
1. Mengidentifikasi
bentuk-bentuk energi dan sumber-sumber energi baik energi terbarukan maupun yang tak terbarukan.
2.
Mengidentifikasi perubahan bentuk energi yang sering ditemui dalam kehidupan sehari-hari
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Melalui
pengamatan terhadap lingkungan sekitar siswa dapat mengidentifikasi sifat bentuk-bentuk energi
2. Berdasarkan hasil demonstrasi siswa
dapat menyebutkan pengertian energi potensial
3. Melalui kajian
pustaka siswa dapat menyebutkan sumber-sumber energi baik yang terbarukan
maupun yang tak terbarukan
4. Melakukan
percobaan untuk mengetahui adanya perubahan bentuk energi
5. Mengembangkan
perilaku rasa ingin tahu,tekun, teliti, dan peduli lingkungan melalui kegiatan
praktikum dan diskusi kelompok
6. Menunjukkan
sikap saling menghargai, tanggung jawab
dan bekerja sama diantara
anggota kelompok
D. MATERI
1.
Konsep energi, sumber energi, dan transformasi energi Manusia
membutuhkan energi untuk bekerja, bergerak,
bernapas, dan mengerjakan banyak hal lainnya. Energi menyebabkan
mobil, motor, pesawat, dan kereta api dapat berjalan. Energi
juga menyalakan listrik di rumah. Energi ada di mana-mana ,bahkan tumbuhan dan
hewan membutuhkan energi untuk tumbuh dan berkembang. Energi terdapat dalam
berbagai bentuk berdasarkan sumber-sumber energi. Misalnya energi panas berasal
darimatahari, energi listrik berasal dari pembangkit tenaga listrik, energi
bunyi berasal dari sumber bunyi dan
lain sebagainya, seperti energi minyak bumi, batu bara dan gas alam .
2.
Sumber-sumber energi tersebut ada yang dapat terbarukan dan ada yang tak terbarukan. Sumber energi terbarukan contohnya ,
energi matahari, energi listrik tenega air, energi angin, dan energi tidal.
a. Energi
matahari atau energi surya adalah energi yang didapat dengan mengubah
panas matahari melalui
peralatan tertentu menjadi energi dalam bentuk lain
b. Pembangkit
listrik tenaga air ( PLTA ) adalah pembangkitan yang mengandalkan energi
potensial dan kinetik dari air untuk menghasilkan energi listrik yang disebut
hidroelektrik
c. Energi
angin memanfaatkan tenaga angin dengan menggunakan kincir angin untuk diubah menjadi energi listrik atau bentuk
energi lainnya.
Sumber energi
tak terbarukan adalah energi hasil tambang bumi dan energi nuklir.
a. Energi hasil
tambang bumi berasal dari minyak bumi, gas, dan batu bara merupakan
bahan bakar
fosil berasal dari tumbuhan dan hewan yang terkubur jutaan tahun di dalam bumi.
b. Energi nuklir
adalah energi potensial yang terdapat pada partikel di dalam nukleus atom.
3. Macam-macam energi potensial
a. Energi potensial
gravitasi yaitu energi yang dimiliki suatu benda karena terletak di atas
permukaan bumi. Makin tinggi letak suatu benda di atas permukaan bumi makin
besar energi potensial gravitasinya.
b. Energi potensial
elastisitas ialah energi yang tersimpan pada benda yang sedang diregangkan (
misalnya pada karet katapel, dan busur panah ) atau ditekan ( misalnya pada
pegas).Selain itu terdapat bentuk energi lainnya seperti energi kimia yang
berasal dari makanan dan energi
listrik yang berasal dari energi kimia misalnya pada percobaan menyalakan lampu
LED dengan menggunakan lempeng tembaga dan seng yang dicelupkan ke dalam
larutan cuka.
E. METODE PEMBELAJARAN
1. Pendekatan : Scientific
2. Metode :
Diskusi dan eksperimen
3. Model :
Discovery Learning
F. ALAT DAN SUMBER PELAJARAN
1. Media :
a. ketapel
b. Peralatan
kipas tanpa listrik dan baterai
2. Alat dan Bahan
No
|
Alat dan bahan
|
Jumlah
|
1
|
Botol
air mineral
|
1
|
2
|
Tutup
botol air mineral
|
2
|
3
|
Karet
gelang
|
5
|
4
|
Kawat
panjang dan pendek
|
2
|
5
|
Lem
tembak
|
|
6
|
Kaleng
minuman karbonasi
|
1
|
7
|
Cutter
|
|
8
|
Spidol
|
|
9
|
Gunting
|
|
3. Sumber Belajar
a. Buku IPA SMP kelas VII 2013
b. LKS perubahan energi
4. Tempat
belajar:
Lingkungan sekitar sekolah
G. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan
pertama ( 3 JP )
Kegiatan
|
Langkah-langkah
Model Discovery
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
Menciptakan
situasi (stimulasi)
|
Pemusatan
perhatian :
-
Meminta siswa
memperhatikan benda/ketapel yang dibawa oleh guru
-
Guru mengambil sebuah katapel kemudian
meletakkan batu pada wadahnya
- Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
|
15
menit
|
Kegiatan
Inti
|
|
Mengamati :
-
Guru meminta siswa menarik
katapel sejauh 10 cm kemudian lepaskan pegangan pada batu sehingga batu
terlempar ke depan
-
Guru meminta siswa mengukur jauh batu
yang terlempar dari posisi semula
-
Guru mengulangi langkah tersebut
beberapa kali dengan jarak tarikan pada katapel yang berbeda
Menanya:
-
Guru mengajukan pertanyaan sebagai
berikut :
a.
Adakah pengaruh jarak tarikan
dengan jarak terlemparnya batu
b.
Mengapa bila jarak tarikan bertambah batu terlempar makin jauh?
o
Eksperimen/eksplorasi :
· Mendiskusikan
bentuk –bentuk energi dan
perubahannya dalam kehidupan sehari-hari
Mengasosiasi:
· Membuat
kesimpulan tentang energi dan perubahannya
Mengomunikasikan:
· Membuat laporan hasil percobaan
· Menyampaikan
informasi tentang energi dan
perubahannya
|
75
menit
|
Penutup
|
|
-
Siswa dan guru mereview hasil kegiatan
pembelajaran
-
Guru memberikan penghargaan (misalnya
pujian atau bentuk penghargaan lain yang relevan) kepada kelompok yang
berkinerja baik
-
Siswa menjawab kuis tentang bentuk dan
transformasi energi
-
Pemberian tugas untuk mempelajari materi selanjutnya
|
20
menit
|
H. PENILAIAN
1.
Metode dan Bentuk Instumen
Metode
|
Bentuk
Instrumen
|
· Sikap
|
· Pengamatan sikap dan rubrik
|
· Tes Unjuk kerja
|
· Tes
Penilaian kinerja perubahan energi
|
· Tes tertulis
|
· Tes
Uraian dan Hasil Pilihan ganda HOTS
|
2. Instrumen
a.
Lembar Pengamatan Sikap
1. Pengamatan Perilaku Ilmiah
No
|
Aspek Yang
Dinilai
|
3
|
2
|
1
|
Ket.
|
1.
|
Rasa ingin
tahu(curiosity)
|
|
|
|
|
2.
|
Ketelitian dan
kehati-hatian dalam melakukan percobaan
|
|
|
|
|
3.
|
Ketekunan dan
tanggungjawab dalam belajar dan bekerja baik secara individu maupun kelompok
|
|
|
|
|
4.
|
Keterampilan
berkomunikasi pada saat belajar
|
|
|
|
|
Rubrik Penilaian Perilaku
No.
|
Aspek
yang dinilai
|
Rubrik
|
1.
|
Menunjukan
rasa ingin tahu
|
3;
menunjukkkan rasa ingin tahu yang besar, antusias, aktif dalamkegiatan
kelompok
2;
menunjukkan rasa ingin tahu, namun tidak terlalu antusias, dan baru terlibat
aktif dalam kegiatan kelompok ketika disuruh
1;
tidak menunjukkan antusias dalam kegiatan kelompok walaupun telah didorong
untuk terlibat
|
2.
|
Ketelitian
dan hati-hati
|
3;
mengamati hasil percobaan sesuai prosedur, hati-hati dalam melakukan percobaan
2;
mengamati hasil percobaan sesuai prosedur, kurang hati-hati dalam melakukan
percobaan
1;
mengamati hasil percobaan tidak sesuai prosedur, kurang hati-hati dalam
melakukan percobaan
|
3.
|
Ketekunan
dan tanggungjawab dalam belajar dan bekerja baik secara individu maupun
kelompok
|
3;
tekun dalam dlam melaksanakan tugas dengan hasil terbaik yang bisa dilakukan,
berupaya tepat waktu.
2;berupaya
tepat waktu dalam menyelesaikan tugas namun belum menunjukkan upaya terbaik
1;
tidak berupaya sungguh-sungguh dalam melaksanakan tugas dan tugas tidak
selesai
|
Mengetahui
Kepala Sekolah SMP N 23 Surabaya Surabaya, Juli 2017
Dra Laily Fadila, M.M Ninik
Setyo Rahayu, S.Pd
Pembina Tingkat I/IV B NIP.
1979050 1200801 2 021
NIP. 19620313 198703 2 010
LKS
PERUBAHAN BENTUK ENERGI
A. Tujuan :
1.
Membuat alat/kipas
angin sederhana tanpa listrik dan beterai
2.
Melakukan percobaan perubahan
bentuk energi dalam kehidupan sehari-hari
B.
Alat dan bahan :
No
|
Alat dan bahan
|
Jumlah
|
1
|
Botol
air mineral
|
1
|
2
|
Tutup
botol air mineral
|
2
|
3
|
Karet
gelang
|
5
|
4
|
Kawat
panjang dan pendek
|
2
|
5
|
Lem
tembak
|
|
6
|
Kaleng
minuman karbonasi
|
1
|
7
|
Cutter
|
|
8
|
Spidol
|
|
9
|
Gunting
|
|
Prosedur :
1. Siapkan alat dan bahan yang diperlukan
2. Beri lubang pada belakang kaleng minuman berkarbonasi
dan 2 tutup botol
3. Masukkan karet gelang pada tutup botol yang sudah
dilubangi dengan menggunakan kawat pendek yg dibengkokkan dulu
4. Kaitkan karet dengan disangga kawat pendek membujur
pada lubang botol
5. Masukkan karet pada kaleng melalui lubang dengan
batuan kawat panjang lalu kaitkan pada pembuka kaleng karet tersebut
6. Lem tutup botol dengan kaleng agar kuat
7. Botol mineral bagian atas di potong lalu digunting
menyerupai kipas. Atur sedemikian rupa agar terlihat bagus dan tidak lancip
permukaannya
8. Kaitkan tutup botol dengan mulut botol yang sudah
berbentuk kipas beri lem agar kuat
9. Setelah semua beres. Putar kaleng berlawanan arah
dengan jarum jam sampai maksimal, lalu diam kan dan alat tersebut akan berubah
menjadi pengganti kipas.
Evaluasi :
1.
Energi apa yang tersimpan pada karet?
2.
Mengapa setelah diputar kalengnya maka bisa digunakan untuk memutar
baling-baling?
3.
Semakin lama putarannya maka apa yang terjadi pada baling-baling? Jelaskan
mengapa bisa demikian?
4.
Apa yang terjadi saat setelah putaran dilepaskan terhadap sampah di
depan baling-baling
5.
Pada baling baling yang berputar tersimpan energi apa?
Kesimpulan:
LKS
PERUBAHAN BENTUK ENERGI
C. Tujuan :
3.
Membuat alat/kipas angin
sederhana tanpa listrik dan beterai
4.
Melakukan percobaan perubahan
bentuk energi dalam kehidupan sehari-hari
D.
Alat dan bahan :
No
|
Alat dan bahan
|
Jumlah
|
1
|
Botol
air mineral
|
1
|
2
|
Tutup
botol air mineral
|
2
|
3
|
Karet
gelang
|
5
|
4
|
Kawat
panjang dan pendek
|
2
|
5
|
Lem
tembak
|
|
6
|
Kaleng
minuman karbonasi
|
1
|
7
|
Cutter
|
|
8
|
Spidol
|
|
9
|
Gunting
|
|
Prosedur :
1. Siapkan alat dan bahan yang diperlukan
2. Beri lubang pada belakang kaleng minuman berkarbonasi
dan 2 tutup botol
3. Masukkan karet gelang pada tutup botol yang sudah
dilubangi dengan menggunakan kawat pendek yg dibengkokkan dulu
4. Kaitkan karet dengan disangga kawat pendek membujur
pada lubang botol
5. Masukkan karet pada kaleng melalui lubang dengan
batuan kawat panjang lalu kaitkan pada pembuka kaleng karet tersebut
6. Lem tutup botol dengan kaleng agar kuat
7. Botol mineral bagian atas di potong lalu digunting
menyerupai kipas. Atur sedemikian rupa agar terlihat bagus dan tidak lancip
permukaannya
8. Kaitkan tutup botol dengan mulut botol yang sudah
berbentuk kipas beri lem agar kuat
9. Setelah semua beres. Putar kaleng berlawanan arah
dengan jarum jam sampai maksimal, lalu diam kan dan alat tersebut akan berubah
menjadi pengganti kipas.
Evaluasi :
1.
Energi apa yang tersimpan pada karet? Jelaskan
Energi potensial pegas. Energi yang dimiliki oleh benda yang elastis
2.
Mengapa setelah diputar kalengnya maka bisa digunakan untuk memutar
baling-baling?
Karena di dalam kaleng tersebut telah dipasang karet, pada karet
tersimpan energi potensial pegas
3.
Semakin lama putarannya maka apa yang terjadi pada baling-baling?
Jelaskan mengapa bisa demikian?
Semakin lama putarannya maka baling-baling tersebut menjadi lebih lama
berputar karena pada baling-baling dihubungkan oleh karet yang menyimpan energi
potensial pegas.
4.
Apa yang terjadi saat setelah putaran dilepaskan terhadap sampah di
depan baling-baling?
Sampahnya menjadi bertebaran karena terkena imbas angin dari alat
baling-baling tersebut
5.
pada baling baling yang berputar tersimpan energi apa?
Energi kinetik
Kesimpulan:
Baling baling bisa berputar
karena terhubung dengan karet, dimana karet tersimpan energi potensial pegas.
Pada percobaan ini terjadi perubahan bentuk energi dari energi potensial pegas
menjadi energi gerak/kinetk.
KIPAS ANGIN TANPA BATERAI DAN LISTRIK
E. Tujuan :
1. Membuat alat/kipas angin sederhana tanpa listrik dan
beterai
2. Melakukan
percobaan perubahan bentuk energi dalam kehidupan sehari-hari
F.
Alat dan bahan :
No
|
Alat dan bahan
|
Jumlah
|
1
|
Botol
air mineral
|
1
|
2
|
Tutup
botol air mineral
|
2
|
3
|
Karet
gelang
|
5
|
4
|
Kawat
panjang dan pendek
|
2
|
5
|
Lem
tembak
|
|
6
|
Kaleng
minuman karbonasi
|
1
|
7
|
Cutter
|
|
8
|
Spidol
|
|
9
|
Gunting
|
|
Prosedur :
1. Siapkan alat dan bahan yang diperlukan
2. Beri lubang pada belakang kaleng minuman berkarbonasi
dan 2 tutup botol
3. Masukkan karet gelang pada tutup botol yang sudah
dilubangi dengan menggunakan kawat pendek yg dibengkokkan dulu
4. Kaitkan karet dengan disangga kawat pendek membujur
pada lubang botol
5. Masukkan karet pada kaleng melalui lubang dengan
batuan kawat panjang lalu kaitkan pada pembuka kaleng karet tersebut
6. Lem tutup botol dengan kaleng agar kuat
7. Botol mineral bagian atas di potong lalu digunting
menyerupai kipas. Atur sedemikian rupa agar terlihat bagus dan tidak lancip
permukaannya
8. Kaitkan tutup botol dengan mulut botol yang sudah
berbentuk kipas beri lem agar kuat
9. Setelah semua beres. Putar kaleng berlawanan arah
dengan jarum jam sampai maksimal, lalu diam kan dan alat tersebut akan berubah
menjadi pengganti kipas.
ALAT PEMBELAJARAN INI DIGUNAKAN:
PADA SAAT GURU HENDAK
MENJELASKAN PROSES PERUBAHAN BENTUK ENERGI. PADA SISWA SMP NEGERI 23
SURABAYA KELAS 7
SEMESTER GENAP.
Mengetahui,
Kepala Sekolah
Dra. Laily Fadila, M.M
NIP. 19620313
198703 2 010
|
Surabaya,
Guru Mata Pelajaran
Ninik Setyo Rahayu , S.Pd.
NIP. 19790501 200801 2 021
|
5 Komentar:
Fungsi dari alat ini apa ya???
makasih infonya yah kak bagus sekali
investing in indonesia
Tujuan alat ini apa ye...
Fungsi dari alat ini apa ye... ?
Saya nak sekarang....
Posting Komentar
Berlangganan Posting Komentar [Atom]
<< Beranda