RPP GUNUNG BERAPI KELAS 8 SEMESTER GENAP
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Sekolah : SMP N 23 Surabaya
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas / Semester :
VIII / 2
Topik : Struktur
Bumi dan Bencana
Sub Topik : Fenomena Gunung Berapi dan Cara Mengurangi Dampak
dan Terjadinya Bencana Alam
Alokasi Waktu : 3 X 40 Menit (1 X tatap muka)
A.
Kompetensi
Inti
KI .1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang
dianutnya
KI .2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin,
tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan
pergaulan dan keberadaannya
KI .3. Memahami
pengetahuan(faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian
tampak mata
KI.4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam
ranah konkret (menggunakan, mengurai,merangkai, memodifikasi,dan membuat)dan
ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai
dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut
pandang/teori
B.
Kompetensi
Dasar
1.1 Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan
Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam ekosistem, dan peranan
manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang
dianutnya
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa
ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung
jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam
aktivitas sehari-hari
2.2. Menghargai kerja individu dan kelompok
dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan
dan melaporkan hasil percobaan
2.3 Menunjukkan perilaku bijaksana dan bertanggungjawab
dalam aktivitas sehari-hari
3.13.
Mendeskripsikan
karakteristik matahari, bumi, bulan, planet, benda angkasa lainnya dalam
ukuran, struktur, gaya gravitasi, orbit, dan gerakannya, serta pengaruh radiasi
matahari terhadap kehidupan di bumi
Indikator
1.
Menjelaskan keterkaitan antara struktur bumi dengan bencana yang ada di
alam
2.
Mendeskripsikan tindakan untuk mengurangi dampak dan terjadinya bencana
alam
C.
Tujuan
Pembelajaran
1.
Melalui pengamatan charta struktur gunung berapi, peserta didik dapat menjelaskan
terjadinya gunung berapi
2.
Melalui diskusi kelompok peserta didik dapat menjelaskan terjadinya
erupsi gunung merapi
3.
Melalui diskusi kelompok peserta didik dapat menjelaskan tindakan yang
dilakukan manusia untuk mengurangi dampak terjadinya gunung meletus
D.
Materi Pembelajaran
1. Terbentuknya gunung berapi
Gunung berapi terbentuk akibat
pertemuan lempeng bumi. Bagian lempeng bumi yang tenggelam memasuki lapisan
astenosfir akan mencair karena suhu bawah lempeng bumi yang sangat tinggi.
Bagian cair tersebut akan menambah magma dalam perut bumi. Oleh karena magma
yang terbentuk tersebut memiliki berat jenis yang lebih kecil daripada berat
jnis di sekitarnya maka, magma akan terdesak hingga naik ke permukaaan bumi.
Magma yang mencapai permukaan bumi disebut sebagai lava. Lava dan abu yang
meledak dari waktu ke waktu akan menumpuk dan membentuk gunung berapi. (gunung
berapi dapat tumbuh dari waktu ke waktu).
2. Erupsi gunung berapi adalah letusan yang mengakibatkan
keluarnya material gunung api yang berupa gas, debu, aliran lava dan fragmen
batuan. Jika erupsi terjadi dalam waktu yang lama dan dengan jumlah lava yang
sangat besar, maka sangat dimungkinkan gunung berapi akan muncul hingga ke
permukaan air laut.
3.
Tips
yang dapat dilakukan saat terjadi gempa
a.
Bersembunyi
dikolong meja yang kuat, lindungi kepala dengan bantal
b.
Hindari
dekat-dekat dengan kaca
c.
Berjalanlah
dengan tenang saat keluar gedung, tunggu hingga gempa berhenti
d.
Jangan
lupa selalu lindungi kepala dengan benda lunak, seperti tas’
e.
Tetap
berdoa pada Tuhan untuk memohon pertolongan-Nya
4.
Tindakan
untuk mengurangi bencana gunung meletus
a.
Mencari
tahu sistem pengamanan yang berlaku di daerah masing-masing
b.
Selalu
mewaspadai bahaya yang menyertai letusan gunung berapi, seperti selalu mempersiapkan
baterai, senter, obat-obatan, makanan, dan
minuman untuk keadaan darurat, masker debu dan kacamata untuk dampak hujan debu.
c.
Senantiasa
melakukan perencanaan evakuasi, seperti selalu mempersiapkan baterai, senter,
obat-obatan, makanan dan minuman untuk keadaan darurat, masker debu, dan
kacamata untuk mengurangi dampak hujan abu
d.
Selalu
menyimpan nomor-nomor lembaga tanggap darurat
E.
Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Saintifik dan Keterampilan Proses
2. Metode : Observasi, Diskusi,
Presentasi
3. Model : Discovery Learning
F.
Media, Alat, dan Sumber
Pembelajaran
1. Medi : LCD, Laptop, Video meletusnya gunung berapi,
Charta Struktur Gunung berapi
2. Alat/Bahan : -
3. Sumber Belajar : Buku Siswa IPA Kelas VIII semester 2, Lembar
Kerja Siswa tentang Terbentuknya gunung berapi
G.
Kegiatan Pembelajaran
Materi Bagian 1
Struktur Bumi dan Bencana
Pertemuan 2 (3 jam
pelajaran)
Kegiatan
|
Langkah-langkah
Model Discovery
|
Diskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
Menciptakan Situasi (stimulasi)
|
-
Menyiapkan
peserta didik untuk belajar
-
Guru
melakukan pemusatan perhatian
a.
Guru
menayangkan video gunung berapi meletus
b.
Guru
memancing peserta didik agar mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan
video yang ditayangkan
-
Guru
melakukan apersepsi dengan menghubungkan pengaruh struktur bumi dengan
bencana alam
-
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran dan cakupan materi
|
20 menit
|
Kegiatan
Inti
|
Pembahasan
tugas dan Identifikasi Masalah
Observasi
Pengumpulan
Data
Pengolahan
data dan analisis
Verifikasi
Generalisasi
|
Menyampaikan
informasi tentang kegiatan yang akan dilakukan yaitu menjelaskan terjadinya
gunung meletus dan tindakan untuk mengurangi dampaknya
-
Membagi
peserta didik menjadi 4 kelompok setiap kelompk 4 peserta didik
-
Diskusi
kelompok untuk mengkaji LKS bagaimana proses terjadinya gunung meletus dan
tindakan untuk mengurangi dampaknya
-
Melakukan
pengamatan pada charta struktur gunung berapi pada kegiatan Ayo Kita Pahami
pada buku hal 132
-
Peserta
didik mengamati charta kemudian mendiskusikan dengan temannya dan mnuliskan
hasilnya pada LKS
-
Mengumpulkan
informasi dan menganalisis data hasil pengamatan dengan menjawab
pertanyaan pada LKS (Lembar Kerja
Siswa)
-
Presentasi
hasil pengamatan
-
Diskusi
proses terjadinya gunung berapi dan cara mengurangi dampaknya berdasarkan
data pengamatan
-
Membut
kesimpulan tentang proses terjadinya gunung meletus dan cara mengurangi
dampaknya
-
Peserta
didik mempresentasikan hasilkerja kelompok
|
80 menit
|
Penutup
|
-
Peserta
didik dan guru mereview hasil kegiatan pembelajaran
-
Guru
memberikan penghargaan kepada kelompok yang terbaik
-
Peserta
didik menjawab pertanyaan quis tentang terjadinya gunung meletus dan cara
mengurangi dampaknya
-
Pemberian
tugas untuk mempelajari materi Karakteristik Tata Surya dan buat ringkasan materinya
(Browsing internet/artikel/buku)
-
Guru
mengakhiri pembelajaran dengan mengucap salam
|
H.
Penilaian
1. Jenis dan Bentuk
Instrumen
Jenis
|
Bentuk Instrumen
|
1.
Sikap
|
Lembar
pengamatan sikap dan rubrik
|
2.
Pengetahuan
|
Tes
uraian dan Pilihan ganda
|
3. Contoh Instrumen
a.
Lembar pengamatan
siswa pada
b.
Lembar
pengamatan siswa pada saat diskusi
No
|
Nama
Siswa
|
Kerja
sama
|
Mengajukan
Pertanyaan
|
Menanggapi
Pertanyaan
|
1
|
||||
2
|
||||
3
|
Rubrik
Skor
1 = jika tidak pernah berperilaku dalam kegiatan
Skor
2 = jika kadang-kadang berperilaku dalam kegiatan
Skor
3 = jika sering berperilaku dalam kegiatan
Menghitung
Nilai dari skor yang didapat:
Nilai = jumlah skor x 100 %
9
|
|
c.
Lembar Instrument Penilaian Diri
No
|
Pertanyaan
|
Skor
|
1
|
Apakah kamu ikut melakukan diskusi dengan aktif?
|
|
2
|
Apakah kamu
memahami materi pembelajaran
hari ini?
|
|
3
|
Apakah kamu berani mengajukan pertanyaan jika kamu
tidak memahai materi yang dibahas?
|
Rubrik
Skor 3 = jika aktif dalam diskusi/memahami pelajaran/
berani bertanya
Skor 2 = jika kurang aktif
dalam diskusi/memahami pelajaran/
berani bertanya
Skor 1 = jika tidak aktif dalam diskusi/tidak memahami
pelajaran/ tidak berani bertanya
Menghitung
Nilai dari skor yang didapat:
|
Nilai = jumlah skor x 100 %
9
|
d. Instrumen
Pengetahuan
Tes Uraian
Jawablah
pertanyaan di bawah ini dengan jelas!
1. Jelaskan proses
terjadinya gunung berapi di bumi!
2. Jelaskan
terjadinya erupsi gunung berapi!
3. Menjelaskan 4 tindakan yang
dilakukan manusia untuk mengurangi dampak
terjadinya gunung meletus!
Rubrik
No
|
Kunci jawaban
|
Skor
|
1
|
Gunung berapi terbentuk akibat
pertemuan lempeng bumi. Bagian lempeng bumi yang tenggelam memasuki lapisan
astenosfir akan mencair karena suhu bawah lempeng bumi yang sangat tinggi.
Bagian cair tersebut akan menambah magma dalam perut bumi. Bagian cair
tersebut akan menambah magma dalam perut bumi. Karena magma yang terbentuk
tersebut memiliki berat jenis yang lebih kecil daripada berat jenis di
sekitarnya maka, magma akan tersdesak hingga naik ke permukaaan bumi. Magma
yang mencapai permukaan bumi disebut sebagai lava. Lava dan abu yang meledak
dari waktu ke waktu akan menumpuk dan membentuk gunung berapi. (gunung berapi
dapat tumbuh dari waktu ke waktu).
|
4
|
2
|
Erupsi gunung berapi adalah letusan yang mengakibatkan
keluarnya material gunung api yang berupa gas, debu, aliran lava dan fragmen
batuan
|
2
|
3
|
Tindakan
untuk mengurangi bencana gunung meletus
a.
Mencari
tahu sistem pengamanan yang berlaku di daerah masing-masing
b.
Selalu
mewaspadai bahaya yang menyertai letusan gunung berapi, seperti selalu mempersiapkan
baterai, senter, obat-obatan, makanan, dan
minuman untuk keadaan darurat, masker debu dan kacamata untuk dampak hujan debu.
c.
Senantiasa
melakukan perencanaan evakuasi, seperti selalu mempersiapkan baterai, senter,
obat-obatan, makanan dan minuman untuk keadaan darurat, masker debu, dan
kacamata untuk mengurangi dampak hujan abu
d.
Selalu
menyimpan nomor-nomor lembaga tanggap darurat
|
4
|
Skor maksimal
|
10
|
|
Nilai = skor yang diperoleh x 10
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah
Dra. Laily Fadila, M.M
NIP. 19620313 198703 2 010
|
Surabaya,
Juli 2017
Guru Mata Pelajaran
Ninik Setyo Rahayu , S.Pd.
NIP. 19790501 200801 2 021
|
“AYO KITA PAHAMI”
FENOMENA GUNUNG BERAPI
A.
Tujuan
Pembelajaran :
1.
Menjelaskan terjadinya gunung
berapi
2.
Menjelaskan terjadinya erupsi gunung merapi
3.
Menjelaskan tindakan yang dilakukan manusia untuk mengurangi dampak
terjadinya gunung meletus
B.
Langkah Kerja
1.
Amatilah charta Struktur Gunung Berapi berikut ini!
Amatilah charta Struktur Gunung Berapi berikut ini!
a.
Apa yang
dimaksud dengan magma pada charta di atas?
b.
Mengapa
terbentuk kantong magma?
c.
Apa yang terjadi
bila kantong cairan magma bertambah volumenya?
d.
Apa fungsi pipa
kepunden (pipa magma) pada charta di atas?
e.
Terbentuk apakah
magma naik ke atas permukaan bumi?
f.
Apa yang terjadi
bila materi tersebut bersatu dengan abu yang meledak dari dalam bumi yang
berlangsung dari waktu ke waktu?
g.
Apa yang
dimaksud erupsi?
h.
Tuliskan
kesimpulan hasil diskusimu tentang urutan terjadinya gunung berapi?
Jawab :
KUNCI JAWABAN LK “AYO KITA PAHAMI”
1.
Hasil pengamatan
charta gunung berapi
a.
Magma adalah
materi panas yang tersusun dari mineral cair dan batuan panas
b.
Terbentuk
kantong magma karena terjadinya pertemuan 2 lempeng bumi. Bagian lempeng bumi
yang menembus lapisan stenosfer akan mencair karena suhu bawah lempeng bumi
tinggi, sehingga menambah jumlah magma. Karena berat jenis magma lebih kecil
dari bebatuan sekitarnya timbul tekanan ke atas sehingga magma akan melalui
pipa magma
c.
Fungsi pipa
magma (pipa kepunden) adalah salura yang mengalirkan magma
d.
Lava
e.
Lava akan
bersatu dengan abu yang meledak dari dalambumi dan membentuk gunung berapi
f.
Tahapan
terjadinya gunung berapi :
·
Terjadinya
pertemuan 2 lempeng bumi.
·
Suhu bawah
lempeng bumi tinggi sehingga lempeng bumi mencair dan menambah volume magma
·
Karena Berat
Jenis magma lebih kecil dari berat jenis bebatuan di sekitarnya, timbul tekanan
ke atas
·
Magma mengalir
ke atas permukaan bumi melalui pipa kepunden (pipa magma) dan membentuk lava
·
Lava dan abu
yang menumpuk lama kelamaan membentuk gunung berapi
2. Tindakan
untuk mengurangi bencana gunung meletus
a. Mencari tahu sistem pengamanan
yang berlaku di daerah masing-masing
b. Selalu mewaspadai bahaya yang
menyertai letusan gunung berapi, seperti selalu mempersaiapkan baterai, senter,
obat-obatan, makanan, dan minuman untuk
keadaan darurat, masker debu dan
kacamata untuk dampak hujan debu.
c. Senantiasa melakukan perencanaan
evakuasi, seperti selalu mempersiapkan baterai, senter, obat-obatan, makanan
dan minuman untuk keadaan darurat, masker debu, dan kacamata untuk mengurangi
dampak hujan abu
d. Selalu menyimpan nomor-nomor
lembaga tanggap darurat
Kesimpulan
:
1.
Tahapan
terjadinya gunung berapi :
·
Terjadinya
pertemuan 2 lempeng bumi.
·
Suhu bawah
lempeng bumi tinggi sehingga lempeng bumi mencair dan menambah volume magma
·
Karena Berat
Jenis magma lebih kecil dari berat jenis bebatuan di sekitarnya, timbul tekanan
ke atas
·
Magma mengalir
ke atas permukaan bumi melalui pipa kepunden (pipa magma) dan membentuk lava
·
Lava dan abu yang
menumpuk lama kelamaan membentuk gunung berapi
2. Tindakan
untuk mengurangi bencana gunung meletus
a.
Mencari
tahu sistem pengamanan yang berlaku di daerah masing-masing
b.
Selalu
mewaspadai bahaya yang menyertai letusan gunung berapi, seperti selalu mempersaiapkan
baterai, senter, obat-obatan, makanan, dan
minuman untuk keadaan darurat, masker debu dan kacamata untuk dampak hujan debu.
c.
Senantiasa
melakukan perencanaan evakuasi, seperti selalu mempersiapkan baterai, senter,
obat-obatan, makanan dan minuman untuk keadaan darurat, masker debu, dan
kacamata untuk mengurangi dampak hujan abu
d.
Selalu
menyimpan nomor-nomor lembaga tanggap darurat
MINIATUR GUNUNG MERAPI
Miniatur
gunung merapi adalah media tiga dimensi untuk menggambarkan perwujudan benda
yang sebenarnya dalam tiruan penyederhanaan.
Media tiga
dimensi ini dibuat karena objek yang akan diperlihatkan pada siswa terlalu
besar,sehingga tidak mungkin dibawa dalam wujud sebenarnya.
Tujuan pembuatan
miniatur ini adalah:
1. menyampaikan
informasi tentang gunung meletus kepada siswa secara menarik.
2. Meningkatkan
keingintahuan siswa terhadap suatu proses
3. Mengembangkan
pengetahuan keterampilan tentang sains.
ALAT DAN BAHAN:
1.
koran
bekas
2.
lem foX
3.
cuka,soda
kue dan pewarna makanan.(untuk membuat lahar)
CARA
PEMBUATAN:
1. hancurkan
kertas koran kemudian rendam pada ember yang telah diisi air.
2. rendam
sampai menjadi bubur
3. kemudian
di peras tapi jangan terlalu kering campurkan lem fox aduk sampai menyatu
4. Sediakan
triplek lalu bentuklah gunung yang di dalamnya terdapat botol minuman.
0 Komentar:
Posting Komentar
Berlangganan Posting Komentar [Atom]
<< Beranda